Belajar Cinta dan Sejarah dari Candi Prambanan


Belajar Cinta dan Sejarah dari Candi Prambanan

Pernahkah Anda mengunjungi Kecamatan Prambanan, Sleman? Jika belum, ada baiknya Anda menyewa jasa tour guide Indonesia. Karena disana ada candi terbesar se-Asia Tenggara yang menanti untuk Anda kunjungi.

Yaitu Candi Prambanan yang disebut-sebut sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Selain besar, candi yang satu ini juga megah. Hal ini dikarenakan tingginya mencapai 47 meter. Inilah salah satu daya tarik Candi Prambanan.

Sejarah Candi Prambanan yang Perlu Anda Ketahui

Di dalam prasasti Siwagrha disebutkan, Raja Pikatan lah yang mulai membangun candi ini. Candi ini dibangun sekitar tahun 856 Masehi yang bertujuan untuk memuliakan dewa Siwa.

Kemudian dalam penyempurnaannya, tersebutlah Raja Sri Maharaja yang kemudian memperluas dan menyempurnakan bangunan candi. Namun, sekitar tahun 930-an, Candi ini sempat tidak terawat. Bahkan sempat mengalami runtuh karena suatu bencana alam.

Akan tetapi seorang berkebangsaan Belanda menemukan kembali candi ini pada tahun 1733. Sejarah ini masih panjang, Anda bisa meminta tour guide Yogyakarta yang Anda sewa untuk menceritakan detailnya.

Kisah cinta yang ada di balik Candi Prambanan

Singkat cerita, dahulu kala ada seorang putri bernama Roro Jonggrang. Kemudian ada seorang bernama Bandung Bondowoso, yang jatuh cinta kepada Sang Putri.

Sang Putri mengajukan persyaratan agar Bandung Bondowoso membuatkannya seribu candi dalam satu malam. Bandung Bondowoso menyanggupi permintaan tersebut.

Ketika candi sudah mencapai 999 buah, Sang Putri khawatir. Lalu dibuatlah agar para ayam berkokok, kemudian pembuatan candi itu terhenti dan kurang satu lagi.

Mengetahui hal licik yang dilakukan Sang Putri, akhirnya Bandung Bondowoso mengutuk Sang Putri agar menggenapinya. Lalu genaplah candi itu menjadi 1.000 candi.

Informasi Mengenai Candi Prambanan yang Wajib Anda Ketahui

Pernahkah Anda melewati Jl. Raya Solo – Yogyakarta? Jika iya, sangat sayang untuk melewatkan Candi Prambanan begitu saja. Pasalnya, di sanalah Candi Prambanan tersebut berada. Jika Anda kesulitan menemukannya, Anda bisa menyewa jasa pemandu wisata Yogyakarta.

Untuk tiket masuknya sendiri, siapkan budget Rp 40.000/orang ya! Selain melihat candi, di sana Anda juga bisa memberi makan rusa, berfoto hingga berkunjung ke museum. Jika Anda lapar, banyak penjual toko oleh-oleh hingga warung makan yang menjual aneka makanan.

Bagi Anda yang membutuhkan guide lokal berpengalaman dan bisa memberikan pengalaman liburan mengesankan bagi anda, pilih di gaetlokal.id. Atau jika Anda guide tour yang sedang mencari wisatawan, cari juga di GaetLokal.