Pengalaman dan Sudut Pandang Baru


Pengalaman dan Sudut Pandang Baru

“Pengalaman adalah harta yang paling berharga yang dapat diteruskan kepada anak cucu.”

Kutipan sederhana ini menjelaskan bahwa pengalaman hidup yang kita dapatkan akan sangat berguna bagi penerus bangsa kita, mereka tidak lain adalah anak cucu kita. Semua harta benda yang kita kumpulkan dapat lenyap dalam hitungan detik, namun pengalaman hidup yang kita sampaikan kepada keturunan kita akan dapat digunakan dan dijadikan panutan dimasa yang akan datang.

Bagaimana kita bisa mendapatkan pengalaman berharga sebanyak mungkin? Salah satunya adalah dengan bertanya dan mendengarkan cerita orang lain mengenai pekerjaan dan kehidupan yang mereka jalani.

Berprofesi sebagai seorang pemandu wisata akan memungkinkan kita untuk dapat mendengarkan cerita dan melihat segala sesuatu dalam hidup kita dengan cara pandang yang berbeda. Apa mungkin? Ya, jelas sangat mungkin. Contoh sederhananya adalah saat kita membeli buah, ada para penjual yang mematok harga yang tinggi dan ada yang mematok harga yang rendah untuk barang yang sama. Namun saat kita membelinya kita hanya akan melihat dari sudut pandang seorang pembeli, kita tidak akan berpikir sampai bagaimana susahnya menanam benih buah, merawat tunas menjadi pohon, dan kemudian menjaga pohon tersebut sampai saatnya pohon tersebut berbuah. Kita juga tidak akan berpikir bagaimana cara merawat buah agar dapat mencapai usia yang matang untuk dipetik dan sampai saatnya buah tersebut tersaji di atas piring kita.

Dari contoh sederhana diatas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa setiap barang maupun seseorang akan mempunyai sudut pandang yang sangat berbeda, tergantung dari mana kita melihatnya.

Bertemu dan berinteraksi dengan berbagai macam orang akan memberikan kita sebuah kesempatan untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman hidup yang sangat beragam. Kita juga akan belajar untuk lebih bersabar dan tentunya kemampuan mengolah informasi kita juga akan semakin berkembang.

Banyak cerita unik mengenai hidup seorang pemandu wisata, contohnya adalah mereka yang akhirnya menikah dengan wisatawan yang mereka pandu saat berlibur, atau mereka yang akhirnya mendapatkan keluarga baru yang mengajarkan mereka bahwa kehidupan ini sangat singkat dan penuh lika-liku. Seperti halnya seorang murid, para pemandu wisata yang handal akan dapat mengambil sebuah keputusan dan dapat berimprovisasi dengan cepat berdasarkan informasi yang diterima dari para wisatawan yang mereka pandu baik melalui kontak verbal maupun visual.

Raihlah ilmu dan kembangkan potensi dirimu sedini mungkin, agar kelak kita dapat menurunkan pengalaman hidup dan adat budaya kita kepada generasi penerus bangsa.

Aplikasi Gaet Lokal saat ini masih dalam tahap pengembangan dan uji coba. Untuk menjadi yang pertama dalam mengikuti perkembangannya, silakan ikuti Gaet Lokal di Instagram, Facebook dan YouTube. Kami juga membuka pre-registration bagi yang sudah tidak sabar untuk menjadi Gaet dan mulai belajar mendapatkan penghasilan sembari mempromosikan pariwisata kota kalian.