Memilih Tempat Wisata


Memilih Tempat Wisata

Dengan semakin banyaknya tempat wisata yang tersedia (baik alami maupun buatan) maka pilihan semakin beragam. Bagaimana cara memilih tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi? Sebetulnya sangat mudah, tetapi kita sebagai calon wisatawan harus lebih cermat dalam mencari informasi dan memilah kebutuhan dan keinginan agar tidak saling berbenturan.

Jika kita berencana untuk mengunjungi sebuah tempat wisata yang tergolong baru, kita harus siap dengan keterbatasan fasilitas umum seperti toilet dan warung-warung yang menjajakan barang-barang yang dibutuhkan. Usahakan membawa segala hal yang sekiranya dibutuhkan agar aktivitas wisata tidak terkendala (air minum, snack, topi maupun obat-obatan). Untuk tempat wisata yang sudah terkenal biasanya sudah banyak tersedia fasilitas umum, namun tidak sedikit yang mematok harga tinggi untuk keperluan pokok seperti minuman dan makanan ataupun cindera mata.

Agar kita dapat menikmati waktu berlibur kita ada baiknya kita memahami situasi dan kondisi pariwisata di tempat wisata yang akan kita tuju. Mencari informasi secara online ataupun bertanya kepada teman yang pernah mengunjungi tempat tersebut akan dapat memberikan pengetahuan yang lebih menyeluruh.

Jika ada lebih dari satu tempat wisata yang dituju, maka buatlah daftar mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masing tempat wisata tersebut. Buatlah daftar aktivitas lengkap dengan jamnya (alat transportasi yg digunakan, tempat yang akan dikunjungi, durasi berkunjung di setiap tempat wisata, jadwal makan dan beristirahat adalah yang paling seringkali terabaikan). Carilah info mendalam mengenai cuaca, kebiasaan orang sekitar, atau lebih baik lagi jadwal acara lokal yang mungkin diselenggarakan. Dari beberapa tempat yang ada di daftar, pilihlah tempat yang mempunyai keuntungan lebih banyak.

Persiapkan segala sesuatunya secara efektif, misal booking hotel dan tiket tempat wisata secara online, jadi tidak perlu terlalu lama menunggu di antrian untuk bisa masuk ke objek wisata tersebut. Carilah pilihan yang lebih sesuai dengan budget yang tersedia. Jika ingin suasana dan tempat wisata yang berbeda, cobalah untuk membagi hari untuk penginapan (misal jika waktu dan tempat wisata banyak, maka ada baiknya untuk membagi hari untuk tiap penginapan yang berbeda dengan tempat wisata terdekat). Mengetahui sedikit mengenai bahasa daerah yang sederhana (mengucapkan terima kasih, permisi, bertanya arah, dll) pasti akan memberikan sebuah pengalaman yang berbeda di setiap liburan.

Jika anda termasuk orang yang tidak terbiasa membuat daftar dan kalkulasi, maka pilihan yang ada adalah mengikuti sebuah tur wisata atau menggunakan jasa pemandu wisata untuk mendapatkan sebuah sentuhan “lokal”.

Jadikan waktu liburanmu sebagai pengalaman yang tak terlupakan bersama Gaet Lokal Indonesia.

Aplikasi Gaet Lokal saat ini masih dalam tahap pengembangan dan uji coba. Untuk menjadi yang pertama dalam mengikuti perkembangannya, silakan ikuti Gaet Lokal di Instagram, Facebook dan YouTube. Kami juga membuka pre-registration bagi yang sudah tidak sabar untuk menjadi Gaet dan mulai belajar mendapatkan penghasilan sembari mempromosikan pariwisata kota kalian.