Peningkatan Pariwisata Indonesia


Peningkatan Pariwisata Indonesia

Indonesia sebagai negara yang memiliki beragam daya tarik dan ribuan pulau merupakan salah satu incaran para wisatawan asing untuk menikmati masa liburan mereka. Selain tempat yang masih alami, para wisatawan juga tertarik dengan kearifan lokal dan masyarakat yang kehidupannya erat dengan budaya leluhur.

Lima tempat wisata di Indonesia yang setiap tahun dipadati oleh wisatawan asing biasanya adalah Bali, Yogyakarta, Kalimantan, Raja Ampat dan Wakatobi. Masing masing dari tempat wisata tersebut hampir dapat dipastikan selalu menjadi destinasi pilihan wisatawan luar negeri yang mencari keindahan alam. Jika kita melihat apa yang ditawarkan dari masing-masing tempat wisata tersebut, maka jawabannya pasti sama, yaitu kekayaan alam (peninggalan sejarah, pantai, laut maupun pegunungan) yang masih terjaga ekosistem dan keasliannya. Semua itu jika tidak didukung oleh sumber daya manusia yang konsisten dalam merawat, maka tempat tempat tersebut pasti akan ditinggalkan oleh para wisatawan.

Berdasarkan hasil survei jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia meningkat hingga 7,83 juta kunjungan atau naik 4,01 persen dari sebelumnya, yaitu 7,53 juta kunjungan sepanjang Januari-Juni 2019 dibandingkan tahun sebelumnya (kompas.com). Peningkatan yang stabil di bidang pariwisata tentu saja membuat pemerintah Indonesia juga semakin giat dalam memantau perkembangan perbaikan tempat wisata yang berpotensi untuk menjadi salah satu penyumbang devisa negara.

Pemerintah yang saat ini berupaya untuk memperbaiki sarana dan prasarana yang berhubungan dengan tempat wisata akan sangat terbantu oleh masyarakat lokal yang ikut serta menjaga dan melestarikan adat budaya setempat. Dengan keberagaman budaya, kearifan lokal dan keramahan dari masyarakat di sekitar tempat wisata yang menjadi sebuah poin tambahan dalam berlibur, maka sebuah tempat wisata sangat mungkin untuk menjadi destinasi yang akan dikunjungi lagi di kemudian hari oleh para wisatawan. Kekuatan “lokal” inilah yang nantinya akan dapat mendorong pariwisata Indonesia untuk menjadi lebih baik di masa depan.

Aplikasi Gaet Lokal saat ini masih dalam tahap pengembangan dan uji coba. Untuk menjadi yang pertama dalam mengikuti perkembangannya, silakan ikuti Gaet Lokal di Instagram, Facebook dan YouTube. Kami juga membuka pre-registration bagi yang sudah tidak sabar untuk menjadi Gaet dan mulai belajar mendapatkan penghasilan sembari mempromosikan pariwisata kota kalian.